JAYAPURA (PT) – PT Freeport Indonesia (PTFI) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Gedung Eme Neme Yauware, Timika, Jumat (5/7). “Hari ini merupakan puncak rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang merupakan kolaborasi PTFI dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika. Sebelumnya, Freeport telah melakukan berbagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dimulai 15 Mei dengan penanaman di area Grasberg, berbagai workshop lingkungan, berbagai lomba, aksi bersih kota hingga pelepasliaran satwa,” kata Vice President Environmental PTFI Gesang Setyadi.

Puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia PTFI sejalan dengan tema yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan. Acara berlangsung selama tiga hari (5-7 Juli) dengan beragam acara seperti pameran program-program ramah lingkungan setiap divisi di PTFI, parade kendaraan ramah lingkungan, lomba mewarnai, lomba tari lingkungan, bazar makanan, hingga hiburan musik.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak semua pihak terus menjaga bumi dan berkontribusi mengurangi pemanasan global. Contohnya menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, uji emisi kendaraan, dan menumbuhkan kebiasaan positif seperti berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor,” katanya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mewakili Bupati Mimika Johannes Rettob mengajak masyarakat berperan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. “Saya mengajak kita semua sebagai warga masyarakat Mimika baik sebagai pemerintah, swasta, individu dan komunitas untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan nyata serta berkolaborasi dalam melindungi dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya di Kabupaten Mimika yang kita cintai sebagai rumah kita bersama,” Inosensius.

Direktur & EVP Sustainable Development & Community Relations PTFI Claus Wamafma dalam konferensi pers mengatakan melalui kegiatan ini Freeport ingin memberikan pesan kuat kepada masyarakat bahwa PTFI adalah mitra pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. “PTFI senantiasa menjaga, merawat dan melakukan upaya pengelolaan lingkungan, itulah adalah janji kami dalam pengelolaan tambang berkelanjutan,” kata Claus. (Dian)

LEAVE A REPLY