JAYAPURA (PT) – PT Freeport Indonesia (PTFI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan
Kabupaten Mimika dan PT Orbit Ventur Indonesia mengadakan Program Orbit Guru Merdeka
bersertifikat di Timika, Kamis (11/7).

“Kerja sama ini ini merupakan bagian dari misi PTFI untuk terus mendukung Pemerintah
Kabupaten Mimika dalam mengelola pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pendidikan terutama bagi masyarakat yang berada disekitar area pertambangan PTFI,” kata
Director, Executive Vice President Sustainable Development PTFI Claus Wamafma.

Program Orbit Guru Merdeka merupakan pelatihan bersertifikasi bagi semua guru aparatur sipil
negara di Kabupaten Mimika mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya agar para guru menjadi pendidik profesional bersertifikasi sehingga para guru lulusan program ini akan lebih siap beradaptasi, meningkat kompetensinya, memahami penggunaan teknologi dan memahami penerapan Kurikulum Merdeka dalam proses mengajar.

Claus menambahkan program bersertifikasi ini diberikan sebagai salah satu upaya untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu menjamin pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar untuk semua. “Program ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidik di Kabupaten Mimika sehingga bisa lebih siap beradaptasi, meningkatkan kemampuan mengajar, serta memberikan materi pelajaran kurikulum merdeka yang unggul agar bisa bersaing dalam skala global,” kata Claus.

Sementara Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Mimika Inosensius Yoga Pribadi mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan sebanyak 250 guru akan mengikuti program pelatihan online selama tiga bulan oleh PT Orbit Ventu. Para guru akan mendapatkan dua sertifikat dalam program ini: Sertifikat Orbit Guru Merdeka yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
(Kemendikbudristek) dan Sertifikat Microsoft Certified Educator yang berlaku secara internasional.

Setelah selesai pelatihan, sertifikat menjadi pertimbangan penambahan poin penilaian guru di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
“Peluncuran program ini merupakan salah satu contoh kolaborasi yang sangat baik antara
pemerintahan daerah dan PTFI, dan kami sangat mengapresi dengan adanya program dan
kegiatan ini,” kata Inosensius.

Pembukaan Kegiatan Program Orbit Guru Merdeka ini dilakukan secara simbolis dengan pemukulan tifa oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Mimika Marten Kana, Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Mimika Inosensius Yoga Pribadi, Senior Vice President Community Relations PTFI Nathan Kum, dan Chief Program Officer Orbit Ravi K. Menon. (Dian)

LEAVE A REPLY