JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Provinsi Papua, DR. M. Ridwan Rumasukun secara resmi melaunching pencanangan Hari UIang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 79 tahun 2024 yang ditandai dengan jalan santai dan gerakan pasar murah di halaman Kantor Gubernur, Jumat, (2/8).
Lunching dihadiri Ketua MRP, Ketua KPU, Forkompinda dan ratusan masyarakat dan ASN Papua.

“Saya menyambut baik launching pencanganan HUT RI ke-79 serta jalan santai yang kita laksanakan hari ini,” kata Ridwan saat akan melaunching.

Menurut Ridwan, warga Papua patut bersyukur meskipun tantangan dan perubahan terus menerjang, namun semangat persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik. “Kita juga mengahdapi Pikada Serentak 2024. Diharapkan warga Papua dalam keadaan tenang, aman dan damai,” ujarnya.

HUT RI ke-79, kata Ridwan, adalah bukti untuk mengingat dan menghargai perjalanan panjang bangsa Indonesia. Selain itu, untuk merefleksikan bagaimana kita bisa terus berkontribusi bagi kemajuan Negara, terutama di Papua yang kita cintai ini.

Tak lupa ia mengajak semua elemen masyarakat memanfaatkan momen ini untuk memperkuat tekad dan komitmen dalam membangun Papua. “Mari kita jadikan peringatan HUT RI sebagai langkah awal untuk terus memajukan Papua serta mempererat persatuan dan kesatuan,” ajaknya.

Sementara itu, Asisten II Sekda Papua, Setyo Wahyudi yang juga selaku Ketua Panitia HUT RI, mengatakan bahwa semarak HUT RI di Papua selain jalan santai, pemerintah juga melalui dinas terkait menyediakan pasar murah dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, sebagai wujud kepedulian kepada sesama, Pemerintah Papua bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi dan Kota Jayapura menyelenggarakan kegiatan sosial Donor Darah.

“Kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain, kita targetkan 300 kantor darah, tetapi minat ASN, TNI/Polri dan masyarakat untuk melakukan donor darah tergolong cukup tinggi,” terangnya.

Ditambahkan, semarak HUT RI di Papua, panitia juga akan melakukan bakti sosial, anjangsana ke keluarga pahlawan Nasional dan kejuaraan futsal antar Dinas/Badan di lingkingan Pemerintah Provinsi Papua. Pemerintah juga menyediakan minyak tanah sebanyak lima ribu kilo liter kepada masyarakat secara gratis.

“Semarak HUT RI tahun 2024 di Papua, Bapak Pj Gubernur menyediakan minyak tanah gratis kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Herman Bleskadit mengatakan, minyak tanah gratis dijatah sebanyak lima liter per orang. “Untuk minyak tanah kita jatah per orang lima liter, pembagian dan dijaga ketat oleh petugas dan pihak pertamina,” tandasnya. (Dian)

LEAVE A REPLY