JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Ramses Limbong menyerahkan satu unit kendaraan jenis mobil pick up Mitsubishi (L-300) kepada kelompok industri pengeloaan sagu “Koperasi Narey Puay” Kampung Puai, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Kendaraan ini nantinya digunakan untuk koperasi memasarkan produk-produknya untuk di jual ke Sentani dan Kota Jayapura.

Pemberian bantuan mobil ini diserahkan langsung Pj Gubernur Papua kepada kepala koperasi Robert Mamitauw disaksikan Pj Bupati Jayapura, Samuel Siriwa, Asisten II Sekda Papua, Setyo Wahyudi dan kepala OPD lainnya, Senin, (19/8).

Gubernur Limbong mengatakan, pemerintah mempunyai tanggujawab untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kejahteraan melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Kami harapkan dengan bantuan ini dapat meningkatnya penghasilan masyarakat yang lebih baik. Kedepan akan kita upayakan bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat melalui koperasi, kita dukung bersama, dengan memfasilitasi, memberdayakan, dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan, sehingga akan mengangkat perekonomian daerah,” katanya.

Gubernur Limbong mengatakan, sagu mempunyai nila jual yang sangat tinggi dan menjadi makanan khas orang Papua, sehingg sangat penting bagi semua pihak untuk turut serta dalam melestarikan pohon sagu. Sebab, sagu memiliki nilai ekonomi yang signifikan. Bisa dikelola secara tradisional sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

Produk sagu seperti tepung sagu, atau makanan olahan sagu lainnya dapat dijual di pasar lokal atau bahkan dijual ke luar daerah. Ini membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi Papua.
Gubernur juga menyinggung soal perlu menjaga dan kelestarian pohon sagu yang ada saat ini. “Dinas terkait bersama masyarakat harus menjaga serta perlindungan hutan sagu dan ekosistemnya. Dengan menjaga dan melestarikan sagu, kita dapat memastikan kelangsungan makanan pokok yang penting bagi masyarakat Papua ini,” ujarnya.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, Yoniman Ronting dalam laporannya, menyampaikan bahwa pemberian bantuan hibah kendaraan angkutan barang kepada koperasi Produsen Nerey Puay di Lampung Puay, Kabupaten Jayapura untuk dapat mengangkut bahan baku berupa batang sagu yang akan diolah juga untuk mengangkut hasil olahan satu basa dan tepung satu untuk dipasarkan/dijual ke Kota Jayapura dan Sentani.

“Biayai pengadaan kendaraan bersumber dari DPA SKPD Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Papua tahun anggaran 2023 sebesar Rp.271.800.000,” tandasnya. (Dian)

LEAVE A REPLY