WAMENA (PT) – Guna meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang ada di Papua Pegunungan sehingga bisa mensejahterakan masyarakat di delapan kabupaten, maka Pemerintah Provinsi Papua melalui Penjabat Gubernur, Velix Wanggai membangun kerjasama dengan menekan MoU dengan Bank Papua, Kamis 5 September 2024 di Kediaman Gubernur di Wamena.

Gubernur Velix Wanggai mengakui bahwa sebagai provinsi yang baru maka Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan terus melakukan konsolidasi perencanaan pembangunan dan mendukung perkembangan ekonomi wilayah, terlebih khusus mendukung ekonomi masyarakat di Papua Pegunungan.

“Salah satu hal yang ingin kita lukakan adalah melalui kerjasama dengan Bank Papua guna mendorong pergerakan usaha kecil di tingkat bawah yang memiliki potensi, baik dibidang sosial budaya, ekonomi kreatif, pertanian dan lain sebagainya,” terangnya kepada wartawan.

Ia mengatakan, Bank Papua merupakan mitra pemerintah yang akan mendukung visi dan misi Pemerintah Papua Pegunungan melalui adanya penandatanganan nota kerjasama tersebut. “Kami yakin, berbagai skema pembiayaan yang ada di Bank Papua ini akan sangat sejalan dengan visi misi kami, salah satunya membangkitkan sektor UMKM. Oleh karena itu, kami Pemprov Papua Pegunungan dan Bank Papua melakukan penandatanganan nota kerjasama tentang percepatan pembangunan akses keuangan daerah, yang kita sebut Kredit Papeda dan kita akan bersama-sama mendorong UMKM di Papua Pegunungan,” ucap Velix Wanggai.

Gubernur Velix Wanggai berharap, selain dukung dari sisi pembiayaan, pihak Bank Papua bisa memberikan pendampingan kepada UMKM lokal dalam melakukan perkembangan usahanya. “Kami berharap terus ada pendampingan dari Bank Papua bersama jaringannya, baik itu pembinaan kelompok UMKM, penguatan kapasitasnya, tetapi juga untuk memberikan akses pemasarannya,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Bank Papua, Sadar Sebayang mengatakan, dukungan yang akan dilakukan pihaknya adalah pemberian program perkreditan bagi masyarakat yang mau memulai kegiatan usaha. “Pada hari kami bersama Pemprov Papua Pegunungan sudah sepakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan memberikan modal kerja agar usahanya bisa berjalan dan bisa berkembang dengan baik,” bebernya.

Ia menambahkan, semoga program ini bisa memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat demi kebangkitan perekonomian di Papua Pegunungan. Sekedar diketahui, penandatanganan MoU ini disaksikan Pj. Sekda Papua Pegunungan, Drs. Wosuok D. Siep dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemprov Papua Pegunungan maupun Bank Papua. (Dian)

LEAVE A REPLY