JAYAPURA (PT) — Wadansatgas Yonif 512/QY, Kapten Inf. Andri Putra Situmorang, SST. Han terjun langsung membantu masyarakat setempat panen buah pinang dari pohonnya. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memahami lebih dalam kearifan lokal yang masih lestari di Tanah Papua khususjya di Senggi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Kamis, (3/10).

Wadansatgas menyampaikan buah pinang merupakan salah satu komoditas yang tak hanya terkait erat dengan kebudayaan di Papua, tetapi juga memegang peran penting dalam aspek ekonomi dan sosial masyarakat. “Ini adalah pengalaman baru bagi kami bisa memetik pinang langsung dari pohonnya. Selain memberikan pengalaman yang berharga, kami juga memahami betapa pentingnya pinang dalam menopang perekonomian masyarakat di sini,” ungkap Kapten Inf Andri.

Salah satu masyarakat setempat, Mama Marice Wabaliau, menjelaskan bahwa buah pinang memiliki nilai simbolis yang sangat mendalam dalam kehidupan masyarakat disini. “Buah pinang menjadi simbol persatuan dan persaudaraan diantara masyarakat. Selain itu, mengunyah sirih pinang juga dianggap sebagai lambang keseimbangan dan harmoni dalam hubungan sosial diantara Kami,” jelasnya.

Kegiatan turun langsung yang dilakukan oleh Wadansatgas Yonif 512/QY beserta angggotanya ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Satgas Yonif 512/QY dengan masyarakat setempat, serta menunjukkan komitmen Satgas Yonif 512/QY dalam mendukung pelestarian kearifan lokal di Tanah Papua Khususnya di Kabupaten Keroom Distrik Senggi. (Dian)

LEAVE A REPLY