JAYAPURA (PT) –  Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kerdina Ramses Limbong melakukan kunjungan kerja dalam rangka penyerahan bantuan berupa paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu Mimoso II Denzipur 10/KYD Waena, Selasa, (8/10). Penyerahan bantuan ini diberikan Ketua Tim Penggerak PKK Papua, Kerdina Ramses Limbong didampingi Pj Gubernur Papua dan Pj Walikota Jayapura, Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Thevi A Zebua dan Kepala Detasemen Zeni Tempur 10/Ksatria Yudha Darma, Kapten Czi Tommy Johandri Ompusunggu.

Ketua Tim Penggerak PKK Papua Kerdina Ramses Limbong mengatakan penyerahan bantuan PMT ini juga untuk mencegah dan menekan angka stunting. Untuk itu bantuan PMT dapat diberikan kepada anak-anak yang ada di Posyandu Mimoso II Denzipur 10/KYD. Menurutnya, Posyandu Mimoso II Denzipur 10/KYD ada dibawah pengawasan Pemerintah Kota Jayapura, sehingga perlu adanya kerjasama yang baik dengan dinas terkait untuk mendukung kegiatan Posyandu agar semakin maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan balita.

“Masalah stunting saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat, saya harapkan kerjasama yang baik, intansi terkait dapat membantu agar tujuan kita dapat menurunkan stunting di Papua dapat tercapai,” jelasnya.

Ketua TP PKK Papua juga mengimbau kepada orang tua untuk rajin membawa anak-anaknya di posyandu, dengan demikian bisa dikontrol perkembangan anak-anak kedepan. “Saya minta orang tua rajin memperhatikan gizi  anak-anak dan sering memeriksakan kesehatan ke Posyandu. Karena masalah stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Ramses Limbong mengarapkan kerjasama semua pihak untuk mencegah terjadinya stunting bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan kepada anak-anak dan ibu hamil menjadi fokus perhatian dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. “Saya minta kepada pengurus Posyandu TNI/Polri di Papua untuk berkoodinasi dengan pemerintah daerah, khususnya peralatan kesehatan yang dibutuhkan di masing-masing posyandu. Sebab saya yakin dengan adanya koordinasi bersama, maka target penurunan stunting di Papua bakal dapat teratasi,” katanya.

Ramses mengatakan, pihaknya bersama TP PKK Papua akan melakukan kunjungan kerja ke Posyandu-Posyadu milik TNI/Polri di Papua. “Kita kemarin sudah pergi ke Posyandu Angkatan Laut, hari ini di TNI AD, nanti kedepan ke Posyandu TNI AU dan Polri,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Ramses Limbong memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk kebutuhkan Posyandu Mimoso II Denzipur 10/KYD. Sementara Pj Walikota Jayapura membantu peralatan alat kesehatan Posyandu dan satu buah komputer. (Dian)

LEAVE A REPLY